Senin, 03 September 2018

Beriklan Melalui Whatsapp? Ikuti 4 Langkahnya Berikut Ini

0



Pada artikel sebelumnya "Gunakan Whatsapp Business, Ini Dia 4 Kelebihannya", telah dijelaskan mengenai kelebihan-kelebihan yang dimiliki Whatsapp Business sebagai medium untuk promosi bisnis Anda. Nah, di artikel berikut ini, kita akan membahas langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan guna memaksimalkan iklan Anda melalui aplikasi pesan instan yang satu ini.

Jumlah pengguna Whatsapp yang ditaksir mencapai sekitar 1,5 Miliar orang pada awal tahun 2018 ini tak ayal membuatnya jadi sarana beriklan yang potensial. Terlebih, beriklan lewat Whatsapp dinilai lebih efektif karena pesan akan diterima secara pribadi, sehingga perhatian konsumen terhadap iklan Anda menjadi semakin tinggi.

Lalu, bagaimana langkah-langkah beriklan di Instagram? Berikut informasinya.

1. Simpan Nomor Calon Konsumen Sebanyak-banyaknya

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ialah mengumpulkan nomor ponsel para calon konsumen. Caranya? Saat ada konsumen hendak memesan tiket pesawat, hotel, dan sebagainya melalui jasa travel Anda, mintalah nomor kontaknya juga. Sampaikan padanya bahwa hal ini agar nantinya memudahkan Anda untuk menginformasikan perihal promo-promo tiket pesawat maupun paket wisata yang mungkin saja menarik untuk mereka. Atau, semisal travel Anda ikut berpartisipasi di ajang-ajang travel fair seperti GATF yang sebentar lagi akan digelar, Anda juga bisa memanfaatkan momennya untuk mendapatkan nomor telepon calon konsumen. Intinya, Anda harus bersikap aktif dalam usaha menarik calon konsumen.



2. Minta Konsumen untuk Menyimpan Nomor Kontak Anda

Setelah mendapatkan nomor ponsel calon konsumen, mintalah mereka untuk juga menyimpan nomor Anda. Hal ini agar Anda bisa mengirimkan pesan broadcast kepada konsumen. Selain itu, agar ketika Anda menggunakan fitur story untuk mengiklankan produk, konsumen dapat melihatnya.

3. Mulai Lancarkan Broadcast Message

Kontak sudah di tangan, kini saatnya Anda lempar iklan ke konsumen melalui broadcast message. Buatlah konten iklan yang menarik sehingga konsumen akan senang saat menerima pesan Anda tersebut alih-alih menganggapnya sebagai spam yang mengganggu. 

Kiranya iklan Anda harus singkat, padat, dan jelas. Perlu diingat juga, usahakan jangan melulu melakukan hard selling. Anda bisa selipkan konten-konten yang sifatnya informatif sehingga bisa membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhan travellingnya.

4. Beriklan di Profile Picture dan Story

Selain beriklan dengan cara mengirimkan broadcast message, Anda juga bisa memanfatkan fitur story untuk mengiklankan produk Anda. Menggunakan fitur story untuk beriklan juga dirasa lebih soft ketimbang melalui broadcast message. Selain story, Anda pun bisa sesekali memasang Profile Picture dari akun bisnis Anda berupa banner produk atau promo produk yang hendak Anda tawarkan ke konsumen.


Itu dia 4 langkah untuk beriklan di Whatsapp. Jika keempat langkah tersebut dapat Anda lakukan dengan maksimal, maka hasilnya pun akan signifikan. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar