Senin, 27 Agustus 2018

Ini Dia 5 Langkah Mudah Beriklan di Twitter

1


Tidak hanya Facebook dan Instagram, Twitter juga jadi salah satu media sosial yang potensial untuk digunakan sebagai medium promosi bisnis. Banyak para pelaku usaha yang kemudian turut mempromosikan bisnisnya melalui micro blog yang satu ini, termasuk mereka yang berkecimpung di dunia bisnis travel.

Nah, Mitra Via juga ingin mencoba menggunakan Twitter untuk beriklan? Ini dia langkah-langkah membuatnya.

1. Sign up Akun Twitter

Pertama-tama, Anda harus terlebih dahulu membuat akun Twitter. Sama halnya ketika Anda membuat akun di platform media sosial lainnya, saat sign up  di Twitter pun Anda akan diminta untuk memasukkan email, nomor ponsel, dan password

Setelah itu, ikuti instruksi sesuai yang diberikan oleh Twitter. Pilih nama akun sesuai dengan nama bisnis Anda. Namun, jika kiranya nama tersebut sudah digunakan oleh akun lain, Anda bisa melakukan sedikit modifikasi. Paling penting, buatlah nama akun yang mudah diingat oleh konsumen Anda. Jangan lupa untuk melengkapi avatar, bio, hingga tautan website Anda jika ada.

2. Memilih Fitur Twitter Ads

Langkah selanjutnya adalah memilih fitur yang nantinya Anda gunakan kala membuat Twitter Ads. Fitur-fitur ini dapat Anda gunakan bergantung pada kebutuhan Anda. Misalnya fitur awareness jika Anda hendak meningkatkan pamor dari bisnis travel Anda. Atau, ada juga fitur promoted video view untuk meningkatkan jumlah view dari video iklan yang Anda unggah. Selain kedua fitur tersebut, masih ada lagi beberapa pilihan fitur dengan fungsinya masing-masing, seperti Website Click and Conversion untuk meningkatkan traffic website, Tweet Engagement untuk meningkatkan interaksi, dan App Install. Ketahui terlebih dahulu apa goal yang hendak Anda capai dari iklan tersebut. Pun demikian dengan sistem pembayarannya karena masing-masing fitur punya sistem pembayaran yang berbeda.

3. Menentukan Target Iklan

Sama halnya seperti Facebook dan Instagram, beriklan di Twitter pun Anda bisa menentukan target iklan yang sesuai dengan bisnis Anda agar hasilnya efektif. Target iklan pun dibagi berdasarkan lokasi, jenis kelamin, usia, dan bahasa. Tak hanya itu, Anda pun bisa menentukan target untuk iklan Anda berdasarkan hobi dan beberapa pilihan lainnya. Pikirkan matang-matang perihal siapa konsumen yang berpotensi tertarik dengan produk atau jasa yang Anda iklankan.

4. Menentukan Biaya

Dalam menentukan biaya iklan, Anda bisa menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki juga kebutuhan. Iklan yang mampu menjangkau lebih banyak pengguna Twitter pastilah membutuhkan biaya yang lebih besar. Selain itu, tentukan juga apakah Anda akan membayar secara harian atau akumulatif.

5. Membuat Konten

Langkah terakhir, ialah membuat konten iklan. Konten iklan ini terdiri dari tweet dan juga gambar. Rencanakan secara matang sehingga konten iklan Anda nanti memiliki kualitas yang mumpuni dan mampu menarik hati siapapun yang melihatnya. Perlu diperhatikan juga, Twitter merupakan media sosial yang cukup ramai dan aktif penggunanya. Hal ini menyebabkan tren di social media tersebut sangat dinamis. Oleh sebab itu, kala membuat konten untuk iklan Twitter, baiknya Anda juga selalu up-to-date dengan tren yang sedang berlangsung.


Itu dia 5 langkah membuat iklan di Twitter yang bisa Mitra Via terapkan. Jika kelima langkah tersebut dapat dilakukan dengan baik dan konsisten, maka efektivitasnya tentu saja bisa Mitra Via rasakan, terutama dalam kaitannya untuk mendongkrak awareness dan angka penjualan. Selamat mencoba!

1 komentar: