Ketika melakukan transaksi tiket pesawat, terkadang beberapa hal terjadi di luar rencana para pelanggan, sehingga tak jarang pelanggan membatalkan perjalanan dan meminta pengembalian dana (refund). Seperti hal nya kejadian Erupsi Gunung Agung di Bali beberapa waktu lalu, dimana banyak pelanggan yang meminta refund untuk pembatalan penerbangan ke Denpasar.
Para Agent dapat melakukan refund secara online dari portal id.via.com. Untuk diketahui, refund adalah proses pengembalian uang dari tiket yang sudah dibeli. Uang Agent akan dikembalikan setelah dipotong dengan biaya pembatalan atau administrasi, sesuai dari pihak maskapai. Pengembalian dana refund akan diproses setelah pihak maskapai telah memberitahukan nilai refund yang kembali.
Sebelum melakukan proses refund, Para agen dapat
melakukan pengecekan dengan melihat besaran potongan refund melalui langkah-langkah sebagai berikut:
1. Masuk ke Account > Orders >
masukkan kode pemesanan (FMNIDxxx) > klik Search
2. Setelah details reservasi tampil silahkan klik View Fare
Rules
Cancellation Penalty atau
biaya potongan refund dapat dilihat langsung di menu View Fare Rules.
Jika setuju dengan besaran
cancellation refund, proses refund dapat dilakukan langsung secara online melalui portal id.via.com. Berikut langkah-langkah yang
dapat dilakukan untuk memproses pengembalian dana (refund) secara online dari id.via.com:
1. Masuk ke Account >
Orders > masukkan
kode pemesanan (FMNIDxxx) > klik Search
2. Beri tanda ceklis nama penumpang yang ingin direfund > klik Cancel Selected Passengers
3. Tentukan kategori refund
(alasan refund tiket)
4. Pada kolom komentar (opsional) silahkan isi besaran refund
tiket yang telah Agent cek pada View Fare Rules > kemudian klik Done.
Setelah melakukan semua langkah
tersebut, secara otomatis permintaan refund
akan masuk ke tim helpdesk untuk kemudian diproses pada sistem maskapai.
Saya bisa pulang ketangerang tgl.12-05-2020 pesawat jam.10.50 karena coviD 19
BalasHapus