Konsumen
menjadi salah satu harta yang sangat penting dalam keberlangsungan sebuah
bisnis. Anda pemilik bisnis agen travel sangat disarankan untuk mampu mengenali
beragam tipe konsumen agar dapat memberikan penawaran secara tepat sesuai
keinginan mereka. Hal ini dapat Anda peroleh dengan menciptakan komunikasi dua arah.
Pelayanan yang baik bahkan melebihi harapan atau ekspektasi konsumen akan
memberi nilai tambah juga bagi bisnis agen travel Anda.
Ketika
berbisnis, tentu Anda memiliki sebuah target untuk dapat dicapai agar agen
travel terkait tidak jalan di tempat atau bahkan merugi. Menanggapi kondisi
ini, Anda dapat mengambil langkah dengan mengenali tipe konsumen dalam
menggunakan jasa travel terkait. Berikut ini merupakan beberapa tipe konsumen
yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam upaya mendongkrak pemasukan bisnis
agen travel.
1. Konsumen Penanti Promo
Anda dapat memperhatikan ketertarikan konsumen dengan memberikan penawaran promo segala produk jasa agen travel terkait. Ketika promo diberikan, Anda dapat melakukan pendataan jumlah konsumen yang dengan sigap menggunakan jasa setelah terdapat promo.
Data tersebut dapat untuk menjadi
pertimbangan Anda dalam menggaet tipe konsumen penanti promo. Mereka biasanya
memiliki uang lebih, tetapi akan cenderung melakukan transaksi ketika terdapat
penawaran diskon.
2. Konsumen Sesuai Kebutuhan
Konsumen dengan tipe sesuai kebutuhan akan mengambil penawaran jasa agen travel dengan banyak pertimbangan. Mereka melakukan sebuah transaksi dengan dorongan kebutuhan tertentu. Ketika konsumen tipe ini datang kepada Anda, mereka akan menanyakan seluruh informasi sesuai yang ia cari. Tidak mudah memang memuaskan konsumen tipe ini, Anda harus melakukan beberapa cara agar mereka menjadi kelompok tipe setia.
3. Konsumen Tanpa Syarat
Konsumen tanpa syarat merupakan mereka yang tidak memiliki kebutuhan atau keinginan khusus saat mendatangi sebuah agen travel. Mereka kebanyakan hanya ingin melepas penat dengan melakukan konsultasi kepada Anda untuk mendapatkan rekomendasi tujuan terbaik.
Memang seringkali mereka akan berpindah-pindah untuk mendapatkan informasi, sehingga dibutuhkan kesabaran dan banyak waktu dalam melayani. Namun, Anda tidak perlu menghindari konsumen tipe ini. Jam terbang yang tinggi akan memudahkan Anda dalam mengenal tipe ini, yang seringnya tidak melakukan transaksi, tetapi menyampaikan pertanyaan tak terbatas.
4. Konsumen Setia
Konsumen setia menjadi bagian terpenting dalam perjalanan bisnis Anda. Mereka ini yang akan menjadi penentu akan perkembangan bisnis agen travel yang sedang Anda usahakan. Dari seluruh database konsumen yang Anda miliki, minimal harus memiliki 50% konsumen setia agar bisnis agen travel mampu berkembang pesat.
Tentu Anda membutuhkan perjuangan ekstra dalam menaklukkan konsumen tipe ini. Salah satu cara ampuh adalah dengan melakukan komunikasi secara teratur. Banyak media yang bisa Anda lakukan, misalnya melalui email, telepon, media sosial, atau perantara lainnya.
Empat
tipe konsumen tersebut dapat menjadi bagian dari kesuksesan bisnis agen travel
Anda ketika mampu memahami dengan baik. Anda dapat mengoptimalkan penawaran
untuk memenuhi keinginan mereka dengan mitra terpercaya agar tidak
mengecewakan. Via.com dalam hal ini
dapat menjadi pilihan. Via.com
merupakan perusahaan travel online
terlengkap dan paling menguntungkan dengan 12 tahun pengalaman serta kehadiran
di berbagai negara di Asia: India, Filipina, Indonesia, Singapura, Oman, Dubai
& UEA.
Bermitra
dengan via.com tidak hanya memberikan
Anda banyak keuntungan, Via
Indonesia Agent juga akan mendorong bisnis agen travel terkait
untuk terus berkembang. Yuk segera daftarkan agen travel Anda sebagai mitra
bisnis terpercaya hanya di id.via.com.
0 komentar:
Posting Komentar