Sumber: SEO News Updates |
Indonesia sendiri termasuk salah satu negara yang penduduknya merupakan 'social media addict'. Dikutip dari tekno.kompas.com, sebuah riset yang dilakukan oleh We Are Social bekerjasama dengan Hootsuite berjudul "Essential Insights Into Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerce Use Around the World" (dirilis pada tanggal 30 Januari 2018) mengungkapkan bahwa rata-rata orang Indonesia menghabiskan 3 jam 42 menit dalam sehari untuk berkutat di sosial media. Jumlah pengguna aktif sosial media di Indonesia (masih dari riset yang sama) pun berada di angka 130 juta jiwa.
Dari data tersebut, kiranya menggunakan social media sebagai medium untuk mempromosikan bisnis Anda bisa jadi keputusan yang tepat melihat relevansinya dengan kondisi masyarakat Indonesia saat ini yang tergolong social media addict tersebut. Lagipula, menggunakan social media tentunya lebih efisien, baik dari segi waktu, tenaga, dan juga finansial.
"Essential Insights Into Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerce Use Around The World"
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos Orang Indonesia", https://tekno.kompas.com/read/2018/03/01/10340027/riset-ungkap-pola-pemakaian-medsos-orang-indonesia.
Penulis : Wahyunanda Kusuma Pertiwi
Editor : Reza Wahyudi"
"Essential Insights Into Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerce Use Around The World"
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos Orang Indonesia", https://tekno.kompas.com/read/2018/03/01/10340027/riset-ungkap-pola-pemakaian-medsos-orang-indonesia.
Penulis : Wahyunanda Kusuma Pertiwi
Editor : Reza Wahyudi
Menentukan Platform Social Media Sesuai Target Konsumen Anda
Menggunakan sosial media untuk mempromosikan bisnis Anda adalah langkah yang tepat. Namun, hal ini juga sedikit tricky bagi Anda. Mengapa? Setiap platform media sosial memiliki keunikannya sendiri-sendiri, yang mana hal tersebut kemudian memengaruhi karakter penggunanya.Memiliki akun di setiap platform media sosial pastinya sangat dianjurkan. Namun, kiranya ada satu platform yang mungkin akan jadi prioritas Anda dalam melakukan campaign, dan hal ini dapat dilihat dari siapa konsumen Anda dan tipe pengguna sosial media yang mana mereka. Dengan mengetahui target konsumen, maka Anda pun dapat fokus pada 1 atau 2 platform media sosial sehingga selain menjadi lebih efisien, tingkat keberhasilan promosi Anda bisa lebih tinggi.
Data yang dirilis oleh We Are Social pada Januari 2016, sebagaimana dilansir dari situs blog.sribu.com dalam artikel "Menentukan 5 Jenis Sosial Media yang Tepat untuk Bisnis Anda" menempatkan Facebook sebagai platform social media dengan jumlah pengguna terbanyak. Berturut-turut setalah Facebook adalah Google+, Twitter, Instagram, dan Pinterest.
Lantas, apakah Facebook jadi pilihan paling tepat untuk Anda memfokuskan diri dalam melakukan promosi bisnis Anda? Tentu tidak juga. Kembali lagi ke pembahasan awal, hal ini bergantung pada siapa konsumen Anda. Nah, berikut ini akan kami paparkan karakteristik masing-masing platform social media yang bisa Anda jadikan tolak ukur untuk dicocokkan dengan tipe konsumen Anda.
1. Facebook
Sumber: Guardian News |
Baca juga: Cara Membuat Akun Facebook Fan page untuk Bisnis Anda
2. Google+
Sumber: 9 to 5 Google |
3. Twitter
Sumber: Centric Digital |
Anda bisa memanfaatkan Twitter sebagai medium untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari konsumen seputar bisnis Anda, sambil tentu saja membagikan info-info terkini yang mungkin sangat berguna bagi konsumen secara cepat.
4. Instagram
Sumber: Dosomework |
Jika kita lihat, saat ini banyak sekali bertebaran akun-akun Instagram yang merupakan Online Shop dengan berbagai produk maupun jasa yang ditawarkan, mulai dari fashion, elektronik, hingga tour & travel sekalipun. Efektifitas Instagram sebagai media promosi bisnis memang sudah tidak perlu diragukan. Namun kembali lagi, Anda harus teliti dulu siapa konsumen Anda. Jika kiranya konsumen Anda bukan tipe orang yang terlalu mementingkan visual, maka Anda tidak perlu terlalu fokus dalam mempromosikan bisnis Anda di Instagram.
Itu dia informasi mengenai karakteristik sejumlah platform social media yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Kini saatnya Anda untuk mencari tahu siapa target konsumen dari usaha yang tengah Anda geluti dan platform apa yang kiranya paling potensial untuk menarik perhatian mereka.
Selamat mencoba.
0 komentar:
Posting Komentar