Selasa, 07 Agustus 2018

Promosi Lewat Sosial Media? Pilih Platform Sesuai Target Konsumen Anda

0


Sumber: SEO News Updates
Di zaman sekarang ini, media sosial seperti sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup kita. Tanpanya, hidup ini terasa 'hampa'. Benar saja, sosial media menyediakan kita berbagai fasilitas untuk bisa mengekspresikan diri. Selain itu, sosial media juga menjadi sumber berbagai konten informasi hingga hiburan yang kita butuhkan. Sosial media jugalah yang membuat kita menjadi banyak bertemu dan kenal dengan orang-orang baru, baik di sekitar kita bahkan sampai ke seantero jagat raya. Tak ayal, kita pun rela menghabiskan waktu hingga berjam-jam dalam sehari untuk mengakses sejumlah platform media sosial yang ada.

Indonesia sendiri termasuk salah satu negara yang penduduknya merupakan 'social media addict'. Dikutip dari tekno.kompas.com, sebuah riset yang dilakukan oleh We Are Social bekerjasama dengan Hootsuite berjudul "Essential Insights Into Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerce Use Around the World" (dirilis pada tanggal 30 Januari 2018) mengungkapkan bahwa rata-rata orang Indonesia menghabiskan 3 jam 42 menit dalam sehari untuk berkutat di sosial media. Jumlah pengguna aktif sosial media di Indonesia (masih dari riset yang sama) pun berada di angka 130 juta jiwa.

Dari data tersebut, kiranya menggunakan social media sebagai medium untuk mempromosikan bisnis Anda bisa jadi keputusan yang tepat melihat relevansinya dengan kondisi masyarakat Indonesia saat ini yang tergolong social media addict tersebut. Lagipula, menggunakan social media tentunya lebih efisien, baik dari segi waktu, tenaga, dan juga finansial.

"Essential Insights Into Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerce Use Around The World"

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos Orang Indonesia", https://tekno.kompas.com/read/2018/03/01/10340027/riset-ungkap-pola-pemakaian-medsos-orang-indonesia.

Penulis : Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Editor : Reza Wahyudi"

"Essential Insights Into Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerce Use Around The World"

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos Orang Indonesia", https://tekno.kompas.com/read/2018/03/01/10340027/riset-ungkap-pola-pemakaian-medsos-orang-indonesia.

Penulis : Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Editor : Reza Wahyudi

Menentukan Platform Social Media Sesuai Target Konsumen Anda

Menggunakan sosial media untuk mempromosikan bisnis Anda adalah langkah yang tepat. Namun, hal ini juga sedikit tricky bagi Anda. Mengapa? Setiap platform media sosial memiliki keunikannya sendiri-sendiri, yang mana hal tersebut kemudian memengaruhi karakter penggunanya.

Memiliki akun di setiap platform media sosial pastinya sangat dianjurkan. Namun, kiranya ada satu platform yang mungkin akan jadi prioritas Anda dalam melakukan campaign, dan hal ini dapat dilihat dari siapa konsumen Anda dan tipe pengguna sosial media yang mana mereka. Dengan mengetahui target konsumen, maka Anda pun dapat fokus pada 1 atau 2 platform media sosial sehingga selain menjadi lebih efisien, tingkat keberhasilan promosi Anda bisa lebih tinggi.

Data yang dirilis oleh We Are Social pada Januari 2016, sebagaimana dilansir dari situs blog.sribu.com dalam artikel "Menentukan 5 Jenis Sosial Media yang Tepat untuk Bisnis Anda" menempatkan Facebook sebagai platform social media dengan jumlah pengguna terbanyak. Berturut-turut setalah Facebook adalah Google+, Twitter, Instagram, dan Pinterest.

Lantas, apakah Facebook jadi pilihan paling tepat untuk Anda memfokuskan diri dalam melakukan promosi bisnis Anda? Tentu tidak juga. Kembali lagi ke pembahasan awal, hal ini bergantung pada siapa konsumen Anda. Nah, berikut ini akan kami paparkan karakteristik masing-masing platform social media yang bisa Anda jadikan tolak ukur untuk dicocokkan dengan tipe konsumen Anda.

1. Facebook

Sumber: Guardian News
Siapa yang tak kenal dengan platform besutan Mark Zuckerberg ini? Ya, dengan lebih dari 1 Milyar pengguna, Facebook telah menjelma menjadi media sosial yang paling 'ramai' di dunia. Melalui Facebook, Anda bisa membagi konten-konten terkait bisnis Anda dalam format teks, gambar, video, hingga link website (jika bisnis Anda juga mempunyai website resmi). Selain itu, fitur-fitur seperti comment dan chat memungkinkan Anda untuk lebih mudah terhubung dengan customer Anda. Facebook juga memiliki opsi untuk membuat akun Fans Page, yang mana opsi ini memang di-desain untuk penggunanya yang memiliki komunitas, institusi, atau mereka yang merupakan public figure, hingga sebagai media untuk promosi bisnis. Dengan memiliki Facebook Fans Page, maka Anda juga bisa memanfaatkan fitur Facebook Ads guna menjangkau semua target konsumen Anda. Secara umum, fitur-fitur yang disediakan oleh Facebook ini kiranya cocok sekali untuk Anda yang hendak mempromosikan bisnis Anda melalui media sosial.

Baca juga: Cara Membuat Akun Facebook Fan page untuk Bisnis Anda

2. Google+ 

Sumber: 9 to 5 Google
Sebagai pebisnis yang cenderung ke arah digital-oriented dalam mempromosikan usahanya, tentu saja peran mesin pencari Google menjadi sangat penting untuk Anda. Anda pasti ingin bisnis anda memiliki performa Search Engine Optimization (SEO) yang baik sehingga saat konsumen hendak mencari tau perihal produk atau jasa sebagaimana yang Anda miliki melalui Google, maka website Anda akan muncul di Top Page. Nah, salah satu cara untuk mengoptimalkan SEO ialah dengan memanfaatkan platform Google+. Dengan menggunakan Google+ yang merupakan milik Google, tentunya Anda akan menjadi prioritas ketika sang mesin pencari meng-indeks situs-situs yang berkaitan dengan keyword yang ditulis oleh pencari. Jika tipe konsumen Anda mayoritas juga sudah digital-oriented, maka promosi melalui Google+ bisa jadi pilihan yang tepat.

3. Twitter

Sumber: Centric Digital
Konsep micro blogging yang dimiliki oleh Twitter menjadikan platform social media yang satu ini cocok untuk tipe konsumen yang lebih suka terhadap konten-konten real-time, dan juga mereka yang hendak mencari informasi terkait produk atau jasa namun menginginkan feedback yang cepat dari sang empunya bisnis.

Anda bisa memanfaatkan Twitter sebagai medium untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari konsumen seputar bisnis Anda, sambil tentu saja membagikan info-info terkini yang mungkin sangat berguna bagi konsumen secara cepat.

4. Instagram

Sumber: Dosomework
Popularitas Instagram bisa dikatakan terus mengalami peningkatan. Dilansir dari situs liputan6.com, pada April 2017 saja tercatat sudah ada 700 Juta pengguna Instagram di seluruh dunia. Dari 700 juta pengguna tersebut, sekitar 45 Juta berada di Indonesia, demikian diberitakan oleh situs bisnis.tempo.co dalam artikel "45 Juta Pengguna Instagram, Indonesia Pasar terbesar di Asia" (26/7/2018). Dengan jumlah tersebut, tak ayal peran media berbagi foto dan video ini juga sangat potensial bagi branding bisnis Anda.

Jika kita lihat, saat ini banyak sekali bertebaran akun-akun Instagram yang merupakan Online Shop dengan berbagai produk maupun jasa yang ditawarkan, mulai dari fashion, elektronik, hingga tour & travel sekalipun. Efektifitas Instagram sebagai media promosi bisnis memang sudah tidak perlu diragukan. Namun kembali lagi, Anda harus teliti dulu siapa konsumen Anda. Jika kiranya konsumen Anda bukan tipe orang yang terlalu mementingkan visual, maka Anda tidak perlu terlalu fokus dalam mempromosikan bisnis Anda di Instagram.

Itu dia informasi mengenai karakteristik sejumlah platform social media yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Kini saatnya Anda untuk mencari tahu siapa target konsumen dari usaha yang tengah Anda geluti dan platform apa yang kiranya paling potensial untuk menarik perhatian mereka.

Selamat mencoba.

 


0 komentar:

Posting Komentar