Kamis, 23 Agustus 2018

Email Marketing, Maksimalkan Penggunaannya dengan Langkah Berikut

1


Dalam mempromosikan sebuah bisnis, banyak cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya ialah dengan menggunakan Email Marketing. Ya, di era digital ini, istilah email marketing bukanlah sesuatu yang asing lagi di dunia bisnis. Efektifitas email marketing pun telah membuat banyak pebisnis menjadikannya sebagai salah satu strategi untuk menarik perhatian konsumen.

Namun, email marketing tentu saja bukan hanya sekedar Anda mengirimkan berbagai konten kepada konsumen yang telah Anda targetkan. Lebih dari itu, agar strategi email marketing ini dapat berjalan sukses, Anda perlu fokus untuk melibatkan konsumen yang nantinya menerima kiriman surel tersebut, pun mencari cara bagaimana meminimalisir kemungkinan konsumen segan untuk membuka tautan yang terdapat di email. Oleh karena itu, berikut ini beberapa langkah strategis yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan email marketing.

1. Atur Jadwal Pengiriman Email

Penting untuk Anda memerhatikan kapan waktu yang tepat untuk mem-blast email ke konsumen yang menjadi target. Hal ini semata-mata agar nantinya email Anda berguna sebagaimana mestinya alih-alih hanya jadi spam di kotak masuk. Tentukan jadwal sesuai dengan feedback dari konsumen yang bisa Anda lihat dari jumlah klik pada link yang terdapat di email-email sebelumnya.

Usahakan untuk tidak mengirim email setiap hari, bisa sekitar 1-3 kali dalam seminggu dan di waktu-waktu tertentu yang kiranya potensial seperti pagi atau sore hari. Cara ini juga untuk menghindari konsumen malah jadi terganggu.

2. Buat Konten Visual

Langkah berikutnya ialah sertakan juga konten visual. Secara psikologis, konten visual memiliki daya tarik yang lebih tinggi ketimbang konten yang hanya berupa teks. Namun perlu diingat juga, Anda harus mengoptimasi gambar tersebut agar nantinya dapat muncul di email dengan baik, karena di beberapa kasus, gambar yang tidak teroptimasi dengan baik malah tidak muncul sama sekali karena terlalu berat ukurannya.

Tidak hanya itu, browser juga turut memengaruhi kelancaran pengiriman konten visual dalam email. Oleh karenanya, sebelum mengirimkan email kepada konsumen, lakukan sedikit uji coba untuk sekedar memastikan bahwa semuanya baik-baik saja.

3. Optimasi Tampilan Email di Semua Perangkat

Ini penting karena konsumen Anda tidak semuanya mengakses email dari perangkat yang sama. Katakan saja hanya dari komputer, atau smartphone. Oleh sebab itu, Anda perlu mengantisipasi hal ini dengan cara mengoptimasi semua konten email agar dapat dibuka di perangkat apapun, mulai dari komputer, laptop, smartphone, hingga tablet. Dengan melakukan hal ini, Anda pun telah bersikap peduli terhadap kenyamanan dan kemudahan konsumen, yang mana hal ini tentu saja akan memberikan nilai tambah bagi bisnis Anda di mata mereka.

4. Tingkatkan Keamanan Email 

Meningkatkan keamanan pada email bisnis Anda mutlak untuk dilakukan agar selain menghindari akun Anda dari kejahatan digital, langkah ini ditujukan supaya saat Anda mem-blast email ke konsumen, email tersebut tidak masuk ke kotak spam yang mana hal ini bukanlah sesuatu yang menyenangkan karena email Anda jadi sia-sia. Pun, dengan tingkat keamanan email yang tinggi, komunikasi Anda dengan konsumen pun dapat berjalan dengan lancar.

Itu dia 4 langkah untuk maksimalkan penggunaan Email Marketing sebagai sarana melakukan promosi bisnis tour & travel Anda. Era digital sesungguhnya telah memberikan kemudahan kepada kita, tinggal bagaimana kita mampu menggunakannya dengan baik & benar sehingga manfaatnya bisa benar-benar dapat kita rasakan.


1 komentar: