Senin, 20 Agustus 2018

Beriklan Lewat Instagram, Ini Dia Langkah-langkahnya

0


Dengan jumlah pengguna aktif mencapai 1 miliar per Juni 2018, platform media sosial berbagi gambar dan video Instagram tak ayal menjadi 'ladang' promosi bisnis yang menjanjikan. Menggunakan Instagram sebagai medium untuk beriklan sudah sepatutnya Anda, para pelaku bisnis, lakukan. Terlebih, jika dibandingkan dengan platform-platform lainnya, fitur-fitur Instagram terlihat lebih efektif dalam kaitannya untuk menyampaikan message yang hendak disampaikan oleh pemakainya.

Namun demikian, beberapa kalangan pebisnis, mungkin Anda salah satunya, masih sering dibuat bingung dengan bagaimana cara membuat iklan di Instagram. Setelah resmi diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012, pengaturan iklan untuk Instagram pun menjadi serupa dengan Facebook. Melakukannya pun juga dilakukan melalui akun Facebook, tepatnya Facebook Fan Page dari bisnis Anda. Nah, jika Anda belum memiliki Facebook Fan Page, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Langkah-langkah untuk membuat  akun Facebook Page bisa Anda dapatkan disini.

Lalu, bagaimana langkah-langkah membuat iklan di Instagram? Berikut informasinya.

1. Pilih Tool

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih tool. Perihal tool, Anda bisa menggunakan beberapa pilihan tool yang tersedia, seperti Ads Manager dan Power Tool. Kedua tool tersebut punya karakteristik dan impact yang berbeda. Oleh sebab itu, sebelum menentukan mau menggunakan tool yang mana, pertimbangkan terlebih dahulu seberapa banyak jumlah iklan yang hendak Anda buat dan seberapa besar kontrol yang Anda kehendaki terhadap iklan tersebut.

Ads Manager dapat Anda gunakan jika ingin membuat beberapa iklan sekaligus. Sementara jika Anda ingin memiliki kontrol penuh terhadap iklan, maka Power Tool adalah pilihannya.

2. Pilih Tujuan

Setelah memilih tool, langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan Anda dalam membuat Instagram Ads. Tersedia beberapa pilihan antara lain "Boost Your Post", "Send People to Your Website", "Get Install of Your App", dan sejumlah pilihan lainnya. Pilihlah tujuan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika kaitannya ingin meningkatkan traffic website bisnis Anda, maka Anda bisa menggunakan fitur "Send People to Your Website", pun demikian dengan yang lainnya.

3. Pilih Audiens

Memilih audiens adalah langkah ke-3 yang harus Anda lakukan kala membuat iklan di Instagram. Pilihlah kelompok pengguna Instagram yang kiranya potensial untuk bisnis Anda. Contoh, jika Anda memiliki bisnis tour & travel, maka sasarlah pengguna Instagram yang punya hobi travelling

Memilih audiens ini nantinya bisa disesuaikan berdasarkan sejumlah kategori seperti usia, jenis kelamin, bahasa, pendidikan, pekerjaan, status, minat/hobi, dan lainnya.

4. Atur Penempatan Iklan

Maksudnya atur penempatan ialah dimana Anda hendak menayangkan iklan yang telah Anda buat tersebut. Terdapat beberapa pilihan seperti feed (seluler atau desktop), Instagram, dan audience network. Karena tujuannya adalah beeriklan di Instagram, maka Anda bisa mencentang pada pilihan Instagram.

5. Atur Format Iklan 

Disinilah Anda melakukan pengaturan format iklan yang hendak ditayangkan. Format iklan tersebt mencakup visual, teks, hingga tautan yang terhubung dengan iklan tersebut. Hendaknya rnecanakan hal ini baik-baik, yakni dengan membuat suatu konten iklan yang baik dan menarik, agar dampaknya nanti benar-benar terasa. Pastikan juga hal ini didukung dengan website yang mendukung sehingga orang tidak akan merasa sia-sia telah meng-klik tautan website yang Anda sisipkan di iklan.

6. Tentukan Anggaran dan Jadwal Tayang Iklan

Langkah terakhir ialah menentukan anggaran dan jadwal tayang iklan. Perihal anggaran, Anda bisa memilih antara anggaran harian yang berarti biaya iklan akan dibayarkan per hari, atau anggaran untuk waktu tertentu, yang mana biaya iklan dibebankan sesuai dengan waktu penayangannya.

Setelah itu Anda bisa menentukan kapan iklan Anda harus ditayangkan, mulai dari jam hingga menitnya. Pilihlah waktu-waktu yang kiranya strategis, yakni saat jam makan siang atau sore hari ketika banyak orang tengah mengakses Instagram.

Itu dia 6 langkah membuat iklan di Instagram. Jika Anda mampu melakukan langkah-langkah tersebut dengan baik, niscaya dampaknya terhadap promosi Anda akan maksimal. Jadi, sudah siap beriklan di Instagram?


Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar