Rabu, 04 Juli 2018

Brunei Darussalam: Wisata Luar Negeri Alternatif, Peluang Untuk Bisnis Anda

1

Brunei Darussalam. Negara tetangga kita yang satu ini memang tidak sepopuler negara tetangga lainnya seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand. Akan tetapi, negara yang kaya akan sumber daya minyaknya ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Brunei Darussalam juga punya sejumlah hal menarik yang bisa ditemui dan dinikmati, sehingga dapat dijadikan alternatif wisata luar negeri yang bisa dibilang anti mainstream. Oh iya satu lagi, liburan ke Brunei Darussalam juga tergolong ekonomis. Artinya, mengunjungi negara Sultan Hasanah Bolkiah ini tidak akan menghabiskan budget secara besar.

Nah, ini tentu saja bisa Anda manfaatkan untuk menarik minat konsumen Anda, utamanya mereka yang ingin mencari suasana baru dalam berlibur. Lalu, apa saja pilihan destinasi liburan di Brunei Darussalam yang bisa Anda rekomendasikan nantinya ke konsumen? Berikut ini informasinya:

1) Kampong Ayer

Sumber: Google
"Kampong Ayer" atau Kampung Air jika diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia, merupakan situs pemukiman penduduk Brunei Darussalam yang berada di ibukota negara ini, yakni Bandar Seri Begawan. Sesuai dengan namanya, Kampong Ayer berada di wilayah perairan tepatnya diatas sungai Brunei. Untuk menuju Kampong Ayer, bisa dengan menggunakan water taxi  atau perahu kecil. Di Kampong Ayer, perumahan tradisional penduduk jadi pemandangan unik yang bisa dinikmati. Satu hal yang perlu diketahui, penduduk di Kampong Ayer maupun wilayah Brunei lainnya tidak 'mengenal' dengan yang namanya aktivitas luar ruangan di malam hari. Maka dari itu, tak heran jika jam 8 malam pun, jalanan sudah terlihat sepi. Meskipun demikian, berbagai toko maupun tempat makan tetap buka sehingga tidak perlu khawatir tidak bisa makan atau membeli sesuatu kala malam tiba. Kendati terkesan hanya sebagai sebuah perkampungan penduduk, nyatanya Kampong Ayer jadi salah satu destinasi ikonik yang wajib dikunjungi jika sedang berlibur ke Brunei Darussalam.

2) Masjid Omar Ali Saifuddin

Sumber: Google
Landmark Brunei Darussalam. Masjid Omar Ali Saifuddin yang terletak di Jalan Mc Arthur, Bandar Seri Begawan ini pastinya sudah tidak asing lagi. Setiap kali ada iklan yang berhubungan dengan Brunei Darussalam, maka masjid ini yang biasanya dimunculkan. Masjid Omar Ali Saifuddin memang punya pesona yang tiada duanya. Sebagai salah satu masjid terbesar dan termegah di Brunei bahkan Asia Tenggara, masjid yang sudah dibuka dari tahun 1958 ini memiliki arsitektur indah dengan kubah yang berlapiskan emas. Mengunjungi masjid Omar Ali Saifuddin, baik untuk beribadah maupun sekedar menikmati keindahan bangunannya, pastinya tidak boleh dilupakan dalam itinerary liburan di Brunei.

3) Museum Kerajaan Regalia

Sumber: Google
Museum ini terletak di Jalan Omar Ali Saifuddien, Bandar Seri Begawan. Tanpa dipungut biaya masuk, museum Kerajaan Regalia menyuguhkan berbagai koleksi Kerajaan Brunei Darussalam dari masa ke masa. Disini, pengunjung dapat mengenal lebih jauh mengenai sejarah Brunei Darussalam. Kendati aturan selama berada di museum ini cukup ketat seperti tidak boleh mengambil foto di beberapa spot, namun museum ini tetap asyik untuk dikunjungi.

4) Ulu Temburong

Sumber: Google
Melansir dari situs idntimes.com, sekitar 60% dari total luas wilayah Brunei Darussalam merupakan berupa hutan, tepatnya hutan hujan tropis. Diantara hamparan hutan belantara tersebut, ada satu objek wisata yang menarik perhatian. Adalah Ulu Temburong, sebuah taman nasional yang menyajikan panorama keindahan alam berupa sungai, air terjun, dan pepohonan nan tinggi yang menyejukkan. Disini, pengunjung bisa mencoba wahana jembatan gantung dan menikmati pemandangan di sekitarnya. Oleh karena posisi jembatan yang terbilang tinggi, ada kalanya Anda perlu mengetahui apakah konsumen termasuk orang yang punya acrophobia (takut akan ketinggian). Hal ini penting agar pemasaran Anda menjadi tepat sasaran, selain sebagai bentuk perhatian Anda terhadap keamanan dan kenyamanan konsumen.

5) Istana Nurul Iman

Sumber: Google
Merupakan tempat tinggal Sultan Brunei, Istana Nurul Iman merupakan destinasi wisata brunei Darussalam selanjutnya yang bisa dikunjungi. Sebagai bangunan penting, tentunya tidak bisa sembarang orang bisa masuk kedalam istana yang memiliki arsitektur megah ini. Pengunjung hanya bisa berfoto di area luar istana. Kecuali, jika datang di waktu-waktu tertentu semisal hari ulang tahun Sultan. Bahkan, saat Hari Raya Idul Fitri, pengunjung berkesempatan untuk bisa bertemu langsung dengan Sultan dan Ratu Brunei melalui acara open house yang memang selalu digelar.

6) Teng Yun Temple

Sumber: Google
Meskipun mayoritas penduduk Brunei Darussalam beragama Islam, akan tetapi kita masih bisa menemukan bangunan kelenteng di pusat kota Bandar Seri Begawan. Adalah Kelenteng Teng Yun yang terletak di Jalan Sungai Kianggeh. dengan arsitektur khas Tionghoa, Teng Yun Temple bisa Anda rekomendasikan kepada konsumen yang hendak berlibur ke Brunei Darussalam.

7) Taman Tasek Lama

Sumber: Google
Sebagai taman yang fungsinya sebagai tempat rekreasi, Taman Tasek Lama menawarkan suasana menenangkan. Disini, pengunjung bisa bersantai ria sambil menikmati pemandangan sungai yang juga terdapat air terjun kecil nan cantik. Fasilitas di Taman Tasek ini juga cukup lengkap. Tersedia musholla, toilet, dan kantin kecil. Taman ini sering dimanfaatkan oleh warga Brunei untuk melepas penat, seperti selepas pulang kerja mislanya. Atau, jogging di pagi hari.

8) Gadong Night Market

Sumber: Google
Puas berkeliling kota Bandar Seri Begawan, saatnya mengisi perut. Anda bisa rekomendasikan ke konsumen salah satu pusat kuliner populer di ibukota Brunei ini. Gadong Night Market menawarkan ragam pilihan kuliner khas Brunei Darussalam semisal nasi lemak, nasi goreng, ayam madu, hingga seafood dengan rasa yang menggugah selera. Jangan lupa juga, harganya yang sangat bersahabat dengan kantong. Gadong Night Market jadi penutup hari yang ideal sebelum konsumen Anda kembali ke hotel untuk beristirahat.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Berkunjung ke Brunei Darussalam

Brunei Darussalam punya aturan ketat, utamanya mengenai hal-hal yuang berhubungan dengan kesopanan. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya Untuk Anda juga menginformasikan kepada konsumen Anda mengenai aturan tersebut. Contoh, dalam hal berpakaian. Hendaknya pakailah pakaian yang sopan dan tidak terlalu terbuka.

Selain itu, hal penting yang harus diinformasikan yakni terkait waktu-waktu terbaik untuk mengunjungi Brunei Darussalam. Hal ini tentu saja agar liburan konsumen Anda ke Brunei nanti menjadi berkesan. mengutip dari IDN Times, waktu terbaik untuk berkunjung ke Brunei adalah:
1) Saat Hari Ulang Tahun Sultan, yakni tanggal 15 Juli.

2) Saat hari jadi Brunei Darussalam, 23 Februari. Guna memperingati hari jadi tersebut, sejumlah perayaan digelar.

3) 1 Juni, saat digelarnya Festival Panen Suku Dayak Iban di Kampung Temburong, dekat Ulu Temburong. Kemeriahan acara tentunya akan sangat menarik perhatian dan menimbulkan kesan bagi siapapun yang ikut meryakannya.

Itu dia sekilas info mengenai wisata Brunei Darussalam. Dengan keunikan yang dimiliki, Anda bisa manfaatkan peluang ini untuk menggaet konsumen yang sedang mencari alternatif liburan ke luar  negeri. Untuk urusan tiket pesawat ke Brunei Darussalam, saat ini di portal id.via.com tersedia promo tiket Royal Brunei untuk tujuan Brunei Darussalam. Segera tawarkan kepada konsumen Anda dan raih komisinya!



Pesan Tiket Pesawat Royal Brunei Sekarang

1 komentar:

  1. Mohon maaf, saya sangat awan untuk usaha di luar negeri, misalkan Di Bruai, dan sangat membutukan info, bagaimana caranya mengawali usaha di Brunai

    BalasHapus