Rabu, 05 Desember 2018

Strategi Pemasaran Bisnis Travel di Akhir Tahun

0


Memasuki bulan Desember menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang, karena bulan Desember erat kaitannya dengan liburan. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi para pelaku bisnis, terutama bisnis travel. Pasalnya banyak orang yang ini berlibur dan bisa menjadi calon konsumen bagi bisnis travel. Oleh karena itu banyak pelaku bisnis yang memberikan diskon akhir tahun atau harga khusus untuk menarik pelanggan dan meraih keuntungan banyak pada masa liburan.

Momen liburan ini menjadi kesempatan yang sangat besar untuk mendapatkan untung yang berlipat-lipat. Dengan demikian, Anda, sebagai pelaku bisnis travel harus mengetahui cara untuk bisa meraih banyak keuntungan, memasarkan produk Anda secara lebih luas, dan dengan harga yang bersaing. Simak cara untuk meraih keuntungan dalam bisnis travel Anda!

Berikan harga normal

Banyak pendapat tentang memberikan harga lebih rendah dari kompetitor. Beberapa pelaku bisnis enggan memberikan harga yang lebih rendah, karena mereka beranggapan itu akan mematikan bisnis Anda. Kenapa? Karena keuntungan yang Anda dapat otomatis akan lebih sedikit, dan berpeluang bisnis Anda mengalami kerugian. Oleh karena itu lebih baik untuk memberikan harga normal dan jangan menaikkan harga terlalu tinggi, karena konsumen akan cenderung membandingkan harga Anda dengan harga kompetitor. Sampai pada akhirnya konsumen akan meninggalkan Anda untuk pesaing bisnis yang dapat memberikan harga yang lebih rendah.

Harga diskon yang sewajarnya

Walaupun banyak pelaku bisnis yang tidak setuju dengan memberikan diskon, tetapi ada saja pelaku bisnis yang melakukan strategi ini, terutama karena pertimbangan persaingan bisnis yang semakin sengit. Apabila Anda ingin memberikan diskon akhir tahun, berikanlah diskon yang sewajarnya. Jangan sampai diskon yang Anda berikan membuat rugi bisnis Anda. Diskon yang Anda berikan bisa berupa voucher belanja, voucher diskon hotel, voucher data internet, dan sebagainya. Voucher-voucher tersebut bisa menjadi strategi bisnis Anda untuk terus menarik perhatian konsumen, tetapi tetap mempertahankan harga produk Anda.

Promosi yang terencana

Agar orang-orang mengetahui dan tertarik dengan bisnis Anda, hal yang harus Anda lakukan adalah melakukan promosi atau strategi pemasaran yang kuat dan strategis. Anda dapat melakukan promosi ini secara online, seperti memanfaatkan Facebook, Twitter, Whatsapp Business, dan lain sebagainya. Untuk offline, Anda dapat menyebar brosur, membuat pamphlet, atau iklan di media massa.

Sebagai tambahan, Anda dapat mencoba memberikan penawaran khusus bersyarat. Anda memberikan diskon kepada pelanggan yang men-share di sosial media tentang produk Anda. Dengan demikian, Anda mendapatkan promosi secara word-of-mouth yang berarti konsumen membicarakan bisnis Anda ke konsumen lain. Nama bisnis Anda pun semakin terkenal dan jaringan Anda akan semakin luas.

Berikan kemudahan bagi konsumen

Anda harus menyadari bahwa konsumen Anda juga di bombardir dengan strategi pemasaran yang dilakukan oleh pesaing Anda, hal ini tentu saja karena ketatnya persaingan bisnis travel pada masa liburan. Sehingga Anda harus membuat produk Anda untuk mudah ditemukan, harga yang bersaing, dan pelayanan yang sangat baik. Di era digital ini, Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk menjual produk Anda secara online. Dengan memanfaatkan sosial media, Anda juga bisa mendapatkan feedback dari konsumen secara langsung untuk kemajuan bisnis travel Anda yang lebih baik.

Pantau terus rugi dan laba penjualan produk

Momen liburan akhir tahun membuat para pelaku bisnis hanya memikirkan keuntungan dan profit yang besar tanpa memperhitungkan laba maupun rugi yang dihasilkan dari proses penjualan tersebut. Anda harus terus memantau dan memonitor laba dan rugi, sehingga Anda dapat menentukan harga yang pantas untuk diberikan kepada konsumen.

Manfaatkan momen liburan akhir tahun ini bersama Via.com. Via.com memberikan Anda kemudahan untuk terus memberikan harga yang bersaing dengan promo seperti promo pesawat dan hotel yang dapat Anda mark-up harga sesuai keinginan. Ditambah dengan kehadiran program-program spesial untuk mendapatkan keuntungan dan profit lebih. Dengan demikian, bisnis Anda akan terus berkembang dan dapat bersaing di dunia travel yang semakin sengit.




Saat ini via.com sedang memiliki promo Via.com SuperDeal December dimana Anda bisa menikmati promo spesial akhir tahun. Diskon sampai dengan 10% dari Sriwijaya, dan Citilink ke seluruh rute domestik. Terbang dengan Malaysia Airlines mulai dari Rp 455 Ribu, Garuda Indonesia mulai dari Rp 550 Ribu, dan Oman Air terbang ke Timur Tengah mulai dari Rp 8.3 Juta. Cek selengkapnya dengan klik dibawah ini. 

Lihat Promo Via.com SuperDeal December

0 komentar:

Posting Komentar